Konsep Teknoligi Informasi BAB VI
Bab VI
KOMUNIKASI,
JARINGAN, DAN PROTEKSI
1. Analog vs
Digital
2. Modem
3. Jaringan
4. Proteksi
DATA
ANALOG
Data analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang
yang selalu berubah-rubah baik frekuensi atau amplitudonya.
DATA
DIGITAL
Data digital merupakan proses pengiriman data dalam bentuk dua simbol,
yaitu on dan off.
MODEM
Fungsi Modem ada 2 macam :
1. Modulasi : untuk menerjemahkan sinyal digital computer
menjadi sinyal analog agar bisa
ditransmisikan melalui kabel telpon
2. Demodulasi : Untuk
menerjemahkan sinyal analog menjadi sinyal digital yang akan diterima computer.
JARINGAN
MANFAAT JARINGAN
1. Berbagi perangkat Periferal
2. Berbagi program dan data
3. Komunikasi yang lebih baik
4. Kemanan Informasi
5. Akses ke Database
JENIS JARINGAN
1. Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan
komunikasi yang mencakup area geografis yang sangat luas. Misalnya pada sebuah
negara atau dunia. WAN dimanfaatkan untuk menghubungkan LAN. Dapat dimiliki
secara pribadi atau disewakan. Contoh WAN yang paling sederhana adalah
Internet.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan komunikasi yang
mencakup sebuah kota atau daerah. Biasanya dibangun untuk mem-bypass perusahaan
telepon lokal ketika mengakses layanan jarak jauh. Banyak sistem ponsel
menggunakan MAN Merupakan jaringan lokal, menghubungkan computer dan peranti
dalam cakupan geografis yang terbatas. Biasa digunakan di perkantoran, atau
kumpulan gedung yang berdekatan.
3. Home Area Network (HAN)
Merupakan jaringan yang
menggunakan kabel atau nirkabel untuk menghubungkan beberapa piranti digital di
rumah. Seperti computer, printer, DVD, TV, dan sistem keamanan rumah.
4. Personal Area Network (PAN)
Jaringan nirkabel jarak
dekat untuk menghubungkan benda-benda elektronik pribadi seperti ponsel, PDA,
pemutar MP3, dan printer. Contohnya adalah Bluetooth, ultra wideband, USB
Nirkabel.
5. Home Automation Network
Jaringan yang menggunakan
teknologi yang sangat murah, berjarak sangat pendek dan berdaya rendah.
Menggunakan switch dan sensor.
Struktur Jaringan
Jaringan Klien / Server Terdiri atas Klien sebagai computer yang
menerima data, dan server yaitu computer yang mengirim data. Server digunakan
untuk keperluan sharing misalnya printer. Contoh server adalah server file,
database, print server dan server web.
Struktur Jaringan
Jaringan peer to peer Suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC
melalui jaringan komputer atau Internet tanpa melalui sebuah server. Jaringan
ini lebih murah daripada jaringan klien / server.
Peranti Penghubung Jaringan
1.
Hub
Titik
koneksi semua peranti di jaringan. Lokasi mengumpulnya data yang datang dari
satu arah atau lebih dan diteruskan ke satu arah yang lain.
Peranti Penghubung Jaringan
2.
Switch
·
menghubungkan computer ke
jaringan.
·
Bersifat full-duplex
·
Kelebihannya adalah Bandwidth
tidak terbagi.
Peranti Penghubung Jaringan
3.
Bridge
Antarmuka
untuk menghubungkan jaringan yang jenisnya sama. Contoh untuk menghubungkan LAN
to LAN.
Peranti Penghubung Jaringan
4.
Gateway
Antarmuka yang memungkinkan
komunikasi antar jaringan yang tidak sama. Seperti LAN to WAN.
Peranti Penghubung Jaringan
5.
Router
Peranti khusus yang bertugas
menangani lalu lintas data pada jaringan.
Peranti Penghubung Jaringan
6. Backbone
Merupakan jalur yang
menghubungkan seluruh jaringan computer dalam sebuah organisasi.
Peranti Penghubung Jaringan : backbone
Topologi Jaringan
1. Jaringan Bus (Daisy
Chain)
o
Semua peranti terhubung ke kabel yang sama.
o
Kelebihannya : dapat dibuat menjadi jaringan klien/server atau peer to
peer.
o
Kekurangannya : dibutuhkannya tambahan alat atau perangkat lunak untuk
menghindari tabrakan antar data.
o
Dan jika terdapat kerusakan salah satu koneksi maka seluruh jaringan
berhenti beroperasi.
Topologi Jaringan
2. Jaringan Ring
Semua peranti terhubung dalam
satu loop yang tidak ada titik ujung pangkalnya.
Tidak ada server pusat
kelebihannya : pesan hanya mengalir dalam satu arah sehingga tidak terjadi tubrukan
data.
Kekurangannya : jika terjadi kerusakan pada salah satu koneksi, seluruh jaringan akan
berhenti bekerja.
Topologi Jaringan
3.
Jaringan Star
- semua peranti terhubung secara langsung ke server pusat.
- Server pusat sebagai peranti yang memonitor arus lalu lintas data.
- Kelebihannya : Jika pada jaringan salah satu peranti (bukan server) itu rusak, maka jaringan masih bisa berjalan.
- Kekurangannya : jika server rusak, maka semua sistem akan berhenti bekerja.
Cara mencegah tabrakan data
ETHERNET
Ketika
dua peranti mengirim data pada saat yang sama sehingga
memungkinkan terjadinya tabrakan datam ethernet menginstruksikan kedua peranti
untuk mengirim ulang sebuah paket data. Biasa digunakan pada topologi star.
Cara
mencegah tabrakan data
TOKEN RING
menggunakan sinyal (token) yang berkeliling
Biasa digunakan pada topologi star atau ring. Kelebihannya : koneksi
kabel yang rusak bisa lebih mudah dideteksi.
Cara
mencegah tabrakan data : TOKEN RING
Media Komunikasi Kabel
1. Twisted Pair Wire (Kabel Ulir)
Terdiri atas dua utas kawat tembaga yang dipilin mengelilingi satu sama
lain. Konfigurasi ini mampu mengurangi interferensi sinyal listrik (crosstalk).
Kabel ini relative lambat hanya bisa membawa data dengan kecepatan 1-128
megabit per detik.
Media Komunikasi Kabel
2. Kabel Koaksial
Kabel
transmisi berfrekuensi tinggi yang terdiri atas kabel tembaga yang terbungkus
dalam pelindung logam dan kemudian dibungkus lagi dengan penutup plastic
eksternal. Karena ada pelindung, kabel ini lebih tahan terhadap noise,
Transmisi data bisa mencapai 200 megabit per detik.
Media Komunikasi Kabel
3. Kabel serat optic.
Terdiri atas lusinan atau ratusan serat kaca atau plastic yang tipis yang
mampu mentransmisikan getaran cahaya, bukan sinyal listrik. Transmisi bisa
mencapai 2 gigabit per detik. Tidak terganggu oleh noise, lebih ringan dan
tahan lama serta sulit disadap. Kekurangannya adalah harganya yang mahal.
Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
1. Transmisi inframerah
Mengirim sinar inframerah
pada frekuensi sangat rendah. Kekurangannya komunikasi yang terjadi harus
bersifat lurus tidak boleh ada penghalan antara pengirim dan penerima. Dan
transmisi hanya bisa dilakukan untuk jarak dekat.
Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
2. Siaran Radio
Transmisi nirkabel yang mengirim data jarak jauh
hingga 2 megabit per detik. Diperlukan transmitter dan receiver.
Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
3. Radio Microwave
Transmisi data nirkabel yang
mengirim data dengan kecepatan sampai 45 megabit per detik melalui atmosfer
pada gelombang radio frekuensi sangat tinggi yang bergetar sebanyak 1
gigahertz. Contohnya adalah komunikasi bumi-satelit dan Bluetooth.
Empat
Jenis Media Komunikasi Nirkabel
Transmisi data nirkabel yang menggunakan satelit. Harganya sangat mahal
hingga 300-700 juta dolar per buah. Penggunaan satelit ini merupakan contoh penggunaan teknologi
GPS.
Contoh
Komunikasi Nirkabel
Layanan
Seluler 1G
Masih
menggunakan ponsel analog yang ditransmisikan dalam bandwidth 824-849
megahertz. Panggilan diarahkan antarsel oleh kantor switch pnsel. (MTSO-Mobile
Phone Switching Office).
Contoh Komunikasi Nirkabel
Layanan nirkabel 2G
Sudah didukung oleh ponsel digital. Menggunakan jaringan dari menara
menara antenna untuk mengirim komunikasi data melalui udara dalam bentuk
digital. Kecepatan sudah 9,6-14,4 kilobit per detik. Standar umum yang
digunakan dalah pada ponsel CDMA dan GSM.
Contoh Komunikasi Nirkabel
Layanan Nirkabel 2.5 G
Menawarkan kecepatan data sebesar 30 hingga 110 kilobit per detik. Contoh
upgrade untuk ponsel GSM adalah penerapan GPRS dan EDGE.
Contoh Komunikasi Nirkabel
Layanan Digital Nirkabel 3G
Menggunakan teknologi broadband berbasis GSM. Mampu membawa data dengan
kecepatan tinggi (144kbps – 2Mbps). Aplikasinya adalah diterapkannya teknologi
EV-DO dan UMTS.
Contoh Komunikasi Nirkabel
WIMAX
Teknologi nirkabel jarak jauh yang dapat mengirim data dalam jangkauan 6
hingga 10 mil, dengan kecepatan hingga 20 megabit per detik. Bisa mengcover
daerah yang sangat luas
DENIAL OF SERVICE (DOS)
Serangan berupa permintaan yg berulang-ulang terhadap komputer atau
jaringan sehingga overload dan mengalami crash
WORM
Program yg bisa menyalin dirinya sendiri secara terus-menerus ke komputer
sehingga dapat merusak komputer
VIRUS
Program yang bisa merusak atau menghapus data.
TROJAN HORSE
Program yang berpura-pura sebagai program yg bermanfaat, misalnya game /
screensaver, tetapi membawa virus yg bisa berjalan tanpa sepengetahuan user dan
bisa mengontrol komputer kita.
HACKER VS
CRACKER
HACKER
Orang-orang yg menyukai dunia komputer, senang bahasa pemrograman dan
bisa mengakses jaringan secara illegaltanpa menimbulkan dampak negatif.
Jenisnya :
- Thrill Seeker Hacker : Mengakses komputer sebagai tantangan.
- White Hat Hacker : Mengakses dan memperbaiki sistem yang berlubang.
CRACKER
[Hacker Perusak]
Jenisnya:
- Script Kiddies : Cracker gol.bawah
- Hacktivist : Motif sosial / politik
- Black-Hat Hacker : Menembus jaringan untuk mencuri informasi
- Cyberterrorist : Motif politik dan terencana dari agen rahasia untuk mendapat informasi suatu sistem besar,
PERLINDUNGAN
PROTEKSI
Antivirus
Firewall
Password
Autentikasi
biometrik
Enkripsi
Tugas
- Apa itu Home Automation System dan Berikan Contohnya
- Jelaskan tentang Smart Home ????
- Apa itu Wireless Sensor Network, jelaskan cara kerjanya dan berikan contohnya
- Jelaskan tentang teknologi biometrik, berikan contoh dan prinsip kerjanya
Download Materinya Disini
Komentar
Posting Komentar